Discuss!

Istiqamah

Istiqamah
Syarh Al-Hikam oleh Brilly El-Rasheed
Hikmah no. 148.

Pada ibarah hikmah no. 148, Ibnu ‘Athaillah menasehatkan,
148- إذا وَقَعَ مِنْكَ ذَنْبٌ فَلا يَكُنْ سَبَباً لِيأسِكَ مِنْ حُصولِ الاسْتِقامَةِ مَعَ رَبِّكَ، فَقَدْ يَكونُ ذلِكَ آخِرَ ذَنْبٍ قُدِّرَ عَلَيْكَ.
“Jikalau engkau berbuat dosa, jangan jadikan dosa memutus asakanmu dalam mengejawantahkan istiqamah terhadap Rabbmu. Dengan begitu, dosamu menjadi yang terakhir ditaqdirkan atasmu.”
Istiqamah memang jalan tercepat mencapai Allah Ta’ala, tapi tidak berarti kalau kita tidak bisa istiqamah maka kita tidak boleh menuju Allah Ta’ala. Allah tidak menuntut sempurna, Allah hanya meminta agar kita berusaha sempurna, sempurna dalam istiqamah. Disebut istiqamah, jika berhasil menjauhkan diri dari dosa, kecil ataupun besar. Maka dengan tetap optimis bisa meraih rahmah Allah, dosa yang sempat kita perbuat di jalan istiqamah kita niscaya akan menjadi dosa terakhir kita. Tekad yang kuat sekuat pilar-pilar jagad, kuncinya.
Sebelum membaca ibarah hikmah ini, jauh-jauh hari saya pernah melontarkan sebuah ibarah hikmah yang selalu saya hujamkan dalam qalbu, “Idzaa lam takun a’bada an-naas, laa takun a’waja an-naas.” Jika dirimu tidak bisa menjadi orang yang paling ahli taat, jangan jadikan dirimu orang yang ahli maksiat. Sering kali sebagian orang terlanjur melakukan maksiat, dia merasa terlalu jauh mendurhakai Allah, dia merasa telah menjadi hamba terdurhaka, lantas dia pun merasa tidak pantas lagi menempuh jalan menuju Allah. Ini sikap yang keliru. Seberapapun maksiat, Allah memiliki pengampunan yang sangat cepat, syaratnya taubat. Sekalipun sudah lama istiqamah, tiba-tiba terjatuh dalam maksiat, segera taubat, jangan dengar bisikan syaithan dalam dirimu yang melemahkan qalbumu sehingga tidak ada optimisme dalam meraih rahmah dan maghfirah-Nya.

Posting Komentar

Sampaikan komentar Anda sebagai wujud terima kasih Anda dan sebagai bahan evaluasi kami.

emo-but-icon

Tafaqur

Tafaqur
Tebar Waqaf Al-Quran

Blogging Network

Hot in week

Total Tayangan Halaman

Promo SBY

Promo SBY

Kontributor

item