Discuss!

Konsultasi Syariah Berdoa Dengan Beribadah

🍉🍉🍉🍉🍉🍉🍉🍉🍉🍉🍉🍉🍉🍉

🇧‌🇪‌🇷‌🇩‌🇴‌🇦‌ 
🇩‌🇪‌🇳‌🇬‌🇦‌🇳‌ 🇧‌🇪‌🇷‌🇮‌🇧‌🇦‌🇩‌🇦‌🇭‌ 

🍉🍉🍉🍉🍉🍉🍉🍉🍉🍉🍉🍉🍉🍉

#⃣ #broadcastquantumfiqih
No.: KS/11/IX/QUFI
Topik: 1⃣ _Konsultasi Syariah_
Rubrik: _quantumfiqihibadah_

🇧​🇨​🇶​🇺​🇫​🇮​

Konsultasi Syariah *235 - Berdoa Dengan Beribadah*

_Pertanyaan_
🚌 Pa ustad sya mau tanya? Dosa tidak kalau misal kita meminta petunjuk terbaik kepada orang" yang pintar? "Org yg dipercya".. Atau apakah dengan doa" kita bisa mengembalikan org itu kpda kita apakah betul pa dengan surah" saja akan menyentuh hati org yg kita inginkan itu dan akan kembali? Walau dengan mengrim doa" aya suci al-qur'an? saya pernah dengar pa ustad Bahwa dengan surah yusuf bisa mengembalikan hati seseorang kpda kita pa? Btul tidak?  Sya search ke google betul dengan mendirikan shlat hajat dan berdoa dengan surah yusuf insyallah mengembalikannya pa? Sya sudah mendirikan shlt hajat slma bbrpa mlm pa? Tp blm ada kemunculan hal yg kta inginkan itu terjd pa?

📝 Ditanyakan oleh saudari *Itta* (+62 853-1896-0938) pada _1 September 2018_

_Jawaban_
♻ Sangat bisa. Itu ide bagus. Semakin sedikit dosa kita, semakin cepat terkabul doa kita. Begitu sebaliknya, dosa kita banyak, doa kita sulit terkabul. Sudah shalat hajat tapi tidak terjadi apa-apa? *Ah, memang sudah shalat hajat berapa banyak?* Mohon maaf. Baru sekali dua kali tiga kali shalat hajat, agak berat kalau ingin kun-fayakun, apalagi kalau dosa kita banyak, apalagi kalau kita sudah lama mengacuhkan Allah Al-Kabir.

🕋 Allah Al-Halim berfirman,
قُلْ يَا عِبَادِيَ الَّذِينَ أَسْرَفُوا عَلَى أَنْفُسِهِمْ لَا تَقْنَطُوا مِنْ رَحْمَةِ اللَّهِ إِنَّ اللَّهَ يَغْفِرُ الذُّنُوبَ جَمِيعًا إِنَّهُ هُوَ الْغَفُورُ الرَّحِيمُ (53) وَأَنِيبُوا إِلَى رَبِّكُمْ وَأَسْلِمُوا لَهُ مِنْ قَبْلِ أَنْ يَأْتِيَكُمُ الْعَذَابُ ثُمَّ لَا تُنْصَرُونَ (54)
_“Katakanlah, “Hai hamba-hamba-Ku yang malampaui batas terhadap diri mereka sendiri, janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya Allah mengampuni dosa-dosa semuanya. Sesungguhnya Dia-lah Yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. Dan kembalilah kamu kepada Tuhanmu, dan berserah dirilah kepada-Nya sebelum datang azab kepadamu kemudian kamu tidak dapat ditolong (lagi).”_ *[QS. Az-Zumar: 53-54]*

🖼 Dalam ayat ini, Allah memanggil orang-orang yang banyak dosa supaya tetap berdoa kepada-Nya. Jangan lantas malas apalagi enggan berdoa hanya karena merasa sudah terlalu banyak dosa. Bahwa Allah tetap mengabulkan doa kita sekalipun kita banyak dosa. Hanya saja manakala dosa kita banyak, doa kita dikabulkan dalam bentuk yang terbaik menurut Allah yaitu dosa-dosa kita dihapus terlebih dahulu, tsawab/pahala kita ditambah, derajat kita dinaikkan. Jika semuanya sudah, barulah doa-doa kita akan terwujud sesuai keinginan.

🍩 Maka dalam Islam ada anjuran untuk meminta bantuan doa kepada orang yang diyakini shalih-shalihah, sebab bisa jadi doanyalah yang lebih didengar Allah. Kita memang diwajibkan yakin dan optimis doa-doa kita pasti dikabulkan Allah.

🛍 Tatkala apa yang kita inginkan belum terwujud, bukan berarti tidak terkabul. Semua doa dikabulkan Allah, hanya saja dalam wujud yang terbaik menurut Allah yang bisa jadi tidak sesuai dengan isi doa kita. Dalam hal itu, kita perlu meminta bantuan doa dari orang lain.

🚑 Meminta petunjuk kepada orang pintar, yang dimaksud orang pintar itu yang gimana? Jika orang pintar yang dimaksud adalah yang ahli perdukunan, jelas haram. Kalau orang pintar itu ahli kebaikan, jelas boleh. Sebab orang yang ahli kebaikan itu firasatnya kuat. Baca konsultasi syariah yang saya layani nomor 222 tentang orang yang deja vu.

⛺ Mengenai keinginan dik Itta untuk mengembalikan suami yang pergi tak kunjung kembali, tentu dengan doa dan minta bantuan orang-orang terdekat suami. Selain doa, bisa juga dengan memperbanyak ibadah. Jadi berdoa kepada Allah Al-’Aziz bisa juga dengan menyibukkan diri dengan ibadah, termasuk dengan membaca surah-surah Al-Qur`an.

🍋 *Memang masing-masing surah Al-Qur`an ada khasiatnya masing-masing*. Seperti tersebut dalam hadits Nabi, surah Al-Kafirun dibaca sebelum tidur bisa menjauhkan dari kekufuran, surah Al-Mulk dibaca setiap malam bisa menyelamatkan dari adzab kubur, tiga surah Qul dibaca setiap pagi dan petang melindungi dari kejahatan jin jahat, surah Al-Fatihah memuluskan doa kita mudah dikabulkan Allah, dan lain sebagainya.

📜 Dari Abu Sa’id Al-Khudri, ‘Umar, Jabir, Hudzaifah, Anas, ‘Amr bin Murrah, dan Malik bin Al-Harits, Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Tuhan Yang Maha Mulia dan Maha Besar berfirman,
مَنْ شَغَلَهُ ذِكْرِي عَنْ مَسْأَلَتِي أَعْطَيْتُهُ أَفْضَلَ مَا أُعْطِي السَّائِلِينَ
“Barangsiapa sibuk dzikir kepada-Ku sehingga tidak sempat memohon kepada-Ku, maka ia Aku beri sesuatu yang lebih utama dari pada apa yang Aku berikan kepada orang yang minta.”.” Dalam lafazh lain,
من شغله القرآن عن مسألتي ؛ أعطيته أفضل ما أعطي السائلين ، وفضل كلام الله على سائر الكلام ، كفضل الله على خلقه
“Barangsiapa sibuk dengan Al-Qur`an sehingga tidak sempat memohon kepada-Ku, maka ia Aku beri sesuatu yang lebih utama dari pada apa yang Aku berikan kepada orang yang minta. Dan keutamaan kalam Allah atas seluruh perkataan adalah seperti keutamaan Allah atas seluruh ciptaannya.”

📚 Dalam kitab Mir’ah Al-Mafatih diterangkan makna hadits tersebut,
يعني من اشتغل بقراءة القرآن ولم يفرغ إلى الذكر والدعاء أعطاه الله مقصوده ومراده أحسن وأكثر مما يعطي الذين يطلبون من الله حوائجهم، يعني لا يظن القارئ أنه إذا لم يتطلب من الله حوائجه لا يعطيه، بل يعطيه أكمل الإعطاء فإنه من كان لله كان الله له.
“Barangsiapa tersibukkan dengan Al-Qur`an sehingga tidak sempat berdzikir dan berdoa, maka Allah akan berikan apa yang diinginkannya, dan jauh lebih baik dan banyak dari apa yang diberikan Allah kepada orang-orang yang berusaha meraih hajat-hajatnya. Namun tidak boleh berprasangka Allah tidak akan memenuhi hajat-hajatnya jika tidak meminta kepada-Nya. Bahkan, Allah akan memberikan yang lebih sempurna. Karena barangsiapa ada untuk Allah, Allah ada untuknya.”

📚 Asy-Syaukani menyatakan,
في الحديث دليل على أن المشتغل بالقرآن تلاوة وتفكرا يجازيه الله أفضل جزاء ويثيبه بأعظم إثابة. انتهى.
“Hadits ini menjadi petunjuk bahwasanya orang yang sibuk dengan Al-Qur`an yaitu membaca dan memikirkannya, Allah membalasnya dengan balasan yang paling utama dan memberinya tsawab (pahala) yang paling agung.”

🕸 Apabila doa-doa kita, hajat-hajat kita, nampaknya tidak kunjung dipenuhi Allah, jangan sekali-kali kita lantas meninggalkan Allah. Lalu berbuat yang tidak-tidak, yaitu meminta bantuan kepada tuhan selain Allah, dan memeluk agama selain Islam. Wah, parah!

🦋 Begitu Dik Ita. Semoga jawaban saya bermanfaat. Monggo makan siang. Laper. Padahal pagi sudah makan. Oia, mohon bantuan doanya ya Dik Ita, supaya BCQUFI segera memiliki aplikasi android. Aamiin.

📝 Dijawab oleh
*H. BRILLY EL-RASHEED, S.PD.*
➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖
🖥 Follow Instagram *@PejuangShalatSunnah*

📻 Follow Channel Telegram *@manajemenqalbu*

🏘 Dibuka kembali kesempatan berdonasi untuk Mushalla Al-Istiqamah edisi #4. *Dibutuhkan dana hingga Rp 25.000.000,- untuk melunasi hutang biaya pengecoran dan SUDAH dilakukan pengeramikan lantai.* Hingga 21 September 2018 baru terkumpul Rp 6.364.000,-. Sudah disalurkan Rp 1.890.000,- pada 12 Agust. dan Rp 1.400.000 pada 20 Sept.  dan Rp 2.000.000,- pada 23 Sept. untuk pembelian keramik, semen, pasir.
1⃣3⃣ Ibu Lintang Madiun (19 Sept.) Rp 100.000,-
1⃣4⃣ Bapak Marta Jayadi Surabaya (20 Sept.) Rp 2.500.000,-
1⃣5⃣ *Anda berikutnya...*

📬 Layangkan pertanyaan seputar agama Islam via WA *+62 821-4088-8638* dengan menyebutkan nama dan kota asal.

🎙 Daftarkan diri mendapatkan broadcast whatsapp QUANTUMFIQIH 🇧​🇨​🇶​🇺​🇫​🇮​ di *+62 857-3590-8108* dengan menyebutkan nama dan kota asal.

⚠ Jangan lupa simpan nomor ini dengan nama *BROADCAST QUANTUM FIQIH* agar bisa mendapatkan broadcast whatsapp dan tidak terlewat. Karena _jika nomor ini tidak disave di daftar kontak di smartphone Anda, maka akan tidak bisa mendapatkan broadcast._

Related

Quantum 3997023528723852380

Posting Komentar

Sampaikan komentar Anda sebagai wujud terima kasih Anda dan sebagai bahan evaluasi kami.

emo-but-icon

Tafaqur

Tafaqur
Tebar Waqaf Al-Quran

Blogging Network

Hot in week

Total Tayangan Halaman

Promo SBY

Promo SBY

Kontributor

item