Discuss!

Konsultasi Syariah Mimpi Tidur Dengan Tinja Sendiri

🍹🍹🍹🍹🍹🍹🍹🍹🍹🍹🍹🍹🍹

🇲‌🇮‌🇲‌🇵‌🇮‌ 🇹‌🇮‌🇩‌🇺‌🇷‌
🇩‌🇪‌🇳‌🇬‌🇦‌🇳‌ 🇹‌🇮‌🇳‌🇯‌🇦‌
🇸‌🇪‌🇳‌🇩‌🇮‌🇷‌🇮‌

🍹🍹🍹🍹🍹🍹🍹🍹🍹🍹🍹🍹🍹

#⃣ #broadcastquantumfiqih
No.: KS/12/VIII/QUFI
Topik: 1⃣ _Konsultasi Syariah_
Rubrik: _quantumfiqihaqidah_

🇧​🇨​🇶​🇺​🇫​🇮​

Konsultasi Syariah *221 - Mimpi Tidur Dengan Tinja Sendiri*

_Pertanyaan_
🏵 Begini ustad suami saya bermimpi dia tidur dikasur yg penuh dengan tai. Apa akan ada sesuatu yg buruk? Bermimpi udh 2 malam Sprti itu Pk ustad.. Sy juga ingin mmnyakan tntng mimpi tmn sy ...Ktay dia bermimpi suaminya selingkuh Dia berselingkuh dgn tmn nya. Suaminya sih kadang cuek dn kurang prhatian ustad

📝 Ditanyakan oleh seorang muslimah (+62 813-3278-4226) pada _12 Agustus 2018_

_Jawaban_
⛺ Mimpi kadang kala merupakan ilham dari Allah bagi orang-orang yang beriman. Namun besar kemungkinan mimpi hanyalah permainan jin syaithani kepada orang yang tidur tanpa berwudhu. Kadangkala mimpi juga hanya ingatan yang muncul kembali bercampur dengan khayalan.

📒 Menurut para psikolog, mimpi  terjadi ketika manusia tertidur, otak mematikan gerakan otot, semua organ lumpuh sementara kecuali mata, jantung dan telinga. Sel saraf pangkal otak menembak-nembak tak menentu, di situlah bagian pemikiran dari otak mencoba memahami tembakan-tembakan tersebut. Bagian hippocampus (penyimpan memori) dan amigdala (pengatur emosi) dalam otak akan aktif, memori jangka pendek dan jangka panjang masuk ke dalam mimpi. Bagian korteks depan (pengatur logika dan penalaran) nonaktif, maka otomatis tampilan memori menjadi acak, membuat mimpi juga acak. Bagian korteks visual otak aktif sehingga dapat ‘melihat’ semua yang terjadi dalam penglihatan otak.

🌻 Beberapa tanya jawab seputar mimpi sudah ada di Buku *’Berguru Kepada Jibril* Jilid 1, 2 atau 3. Soal ilmu tafsir mimpi juga pernah saya bahas di sebuah majalah Islam skala regional.

📜 Sebagai pedoman dasar dalam mengartikan mimpi, ada dua hadits. Dari Abu Hurairah, Rasulullah bersabda,
إِذا رَأى أحَدُكُمُ الرُّؤيا الحَسَنَةَ فَلْيُفَسِّرْها ولْيُخْبِرْ بِها وَإِذا رَأى الرُّؤيا القَبِيحَةَ فَلَا يُفَسِّرْها وَلَا يُخْبِرْ بِها
_“Bila salah seorang diantara kalian melihat dalam mimpinya sesuatu yang membuatnya takjub, hendaknya dia menceritakannya dan menafsirkannya dan apabila salah seorang diantara kalian melihat dalam mimpinya sesuatu yang tidak disukainya, hendaknya dia tidak menceritakannya dan tidak pula menafsirkannya.”_ *[Sunan At-Tirmidzi. Al-Jami’ Ash-Shaghir no. 549]* Dari Anas, Nabi bersabda,
إن الرؤيا تقع على ما تعبر، ومثل ذلك مثل رجل رفع رجله فهو ينتظر متى يضعها فإذا رأى أحدكم رؤيا فلا يحدث بها إلا ناصحا أو عالما
_“Sesungguhnya (makna) mimpi itu bergantung bagaimana dia dita’birkan. Perumpamaannya seperti orang yang mengangkat kakinya dan dia menunggu kapan dia bisa menurunkannya. Maka dari itu, jika seseorang diantara kalian bermimpi, jangan cerita kecuali kepada seorang yang penasehat/tulus setia atau seorang yang ‘alim.”_ *[Al-Mustadrak Al-Hakim. Ash-Shahihah no. 120]*

🎪 Baik, mengenai mimpi Ibu, pertanyaan balik dari saya itu kotoran manusia atau hewan? Itu kotoran sendiri atau orang lain? Bentuknya cair atau padat? Tafsirnya berbeda2 tergantung isi mimpi. Jika tinja sendiri dan padat maka itu perintah untuk bershadaqah dengan harta yang baik. Karena menurut hadits, dunia atau harta itu adalah kotoran. Bisa dibaca di buku saya *Menepi Dari Dunia* atau di blog saya https://goo.gl/ADguau.

📜 Nabi bersabda,
إِنَّ اللهَ تَعَالَى جَعَلَ مَا يَخْرُجُ مِنْ بَنِيْ آدَمَ مَثَلاً لِلدُّنْيَا 
_“Sesungguhnya Allah menjadikan apa yang keluar dari (tubuh) anak keturunan Adam sebagai perumpamaan dunia.”_ *[Al-Jami’ Ash-Shaghir]* Karena itu, saran saya, segera bershadaqah atau berzakat atau berqurban. Mungkin juga suami belum mengeluarkan aqiqah untuk dirinya yang mungkin sewaktu kecil orang tua tidak mampu mengaqiqahi.

🌐 Kemudian pertanyaan kedua. Mimpi suami selingkuh bisa jadi bermakna suami sedang menyembunyikan sesuatu yang bisa jadi baik dan buruk atau suami akan mendapatkan jalan rizqi yang lain. Namun sepertinya mimpi tersebut hanya kekhawatiran yg terbawa ke alam mimpi, kalau memang suaminya orang baik2.

🍿 Sepanjang tidak ada indikasi selingkuh, tidak boleh tajassus yaitu menguntit! Kalau ada indikasi, maka boleh, dengan niat untuk menghalangi terjadinya selingkuh, yang itu termasuk nahi mungkar. Cuek dan kurang perhatian tidak sepenuhnya indikasi perselingkuhan.

📝 Dijawab oleh
*H. BRILLY EL-RASHEED, S.PD.*
➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖
🖥 Follow Instagram *@PejuangShalatSunnah*

📻 Follow Channel Telegram *@manajemenqalbu*

🌏 Total donasi tahap 1 dan 2 *Rp 8.710.000,-* sudah disalurkan pada _22 Juli 2018_ untuk pembangunan *Mushalla Al-Istiqamah* dan operasional 🇧​🇨​🇶​🇺​🇫​🇮​. Jazakumullah khairan. Allah Asy-Syakur akan berikan ganti yang berlipat-lipat berupa harta, kesehatan, kebahagiaan, keamanan, kedudukan dan lain sebagainya.

🏘 Dibuka kembali kesempatan berdonasi untuk Mushalla Al-Istiqamah edisi #3. *Dibutuhkan dana hingga Rp 25.000.000,- untuk melunasi hutang biaya pengecoran dan akan segera dilakukan pengeramikan lantai.* Hingga 14 Agustus 2018 baru terkumpul Rp 2.090.000,-.
1⃣ Hj. Iis Lamongan Rp 90.000,-
2⃣ Sri Suharti Jakarta Rp 100.000,-
3⃣ Amalia Sidoarjo Rp 100.000,-
4⃣ H. Yulianto Lamongan upah tukang dan peralatan dan bahan2 sesuai kebutuhan
5⃣ Herliantini Surabaya Rp 1.100.000.-
6⃣ Ibunda dari Ibu Herliantini Rp 500.000,-
7⃣ Ummu Ja'far Brebes Rp 200.000,-
8⃣ *Anda berikutnya...*

⚠ Alhamdulillah sejak 5 Mei 2018, setiap broadcast 🇧​🇨​🇶​🇺​🇫​🇮​ diterima lebih dari 1⃣5⃣0⃣0⃣0⃣ orang. 📚 Alhamdulillah hingga 24 Juli 2018, sudah dipublish hampir 2⃣3⃣0⃣ broadcast, 5⃣ e-paper, dan 4⃣ e-flyer serta 2⃣ e-book.

📬 Layangkan pertanyaan seputar agama Islam via surel *ustadzjibril@gmail.com* dengan menyebutkan nama dan kota asal.

🎙 Daftarkan diri mendapatkan broadcast whatsapp QUANTUMFIQIH 🇧​🇨​🇶​🇺​🇫​🇮​ di *+62 857-3590-8108* dengan menyebutkan nama dan kota asal.

⚠ Jangan lupa simpan nomor ini dengan nama *BROADCAST QUANTUM FIQIH* agar bisa mendapatkan broadcast whatsapp dan tidak terlewat. Karena jika nomor ini tidak disave di daftar kontak di smartphone Anda, maka akan tidak bisa mendapatkan broadcast.

Related

Konsultasi 735173877068920447

Posting Komentar

Sampaikan komentar Anda sebagai wujud terima kasih Anda dan sebagai bahan evaluasi kami.

emo-but-icon

Tafaqur

Tafaqur
Tebar Waqaf Al-Quran

Blogging Network

Hot in week

Total Tayangan Halaman

Promo SBY

Promo SBY

Kontributor

item