Discuss!

Konsultasi Syariah Allah Maha Mengampuni Dosa Pacaran

🍟🍟🍟🍟🍟🍟🍟🍟🍟🍟🍟🍟🍟🍟

🇦‌🇱‌🇱‌🇦‌🇭‌
🇲‌🇦‌🇭‌🇦‌ 🇲‌🇪‌🇳‌🇬‌🇦‌🇲‌🇵‌🇺‌🇳‌🇮‌
🇩‌🇴‌🇸‌🇦‌ 🇵‌🇦‌🇨‌🇦‌🇷‌🇦‌🇳‌

🍟🍟🍟🍟🍟🍟🍟🍟🍟🍟🍟🍟🍟🍟

#⃣ #broadcastquantumfiqih
No.: KS/16/VIII/QUFI
Topik: 1⃣ _Konsultasi Syariah_
Rubrik: _quantumfiqihibadah_

🇧​🇨​🇶​🇺​🇫​🇮​

Konsultasi Syariah *188 - Allah Maha Mengampuni Dosa Pacaran*

_Pertanyaan_
Assalamualaikum.
🎬 Maaf ustad saya WA malam2. Saya sndiri tidak bsa tdur krna hal ini. Ustad, saya skrg brusia 23thn. Sbntar lg akan mnikah insyaAllah tengah tahun ini. *Ustad, jika saya menikah dgn pacar saya, apakah dosa saya slama pacaran ini bisa diampuni?* Si laki2 tdk mau pcaran lama2 krna ingin nikah muda saja. Si laki2 ini masih kuliah blm bekerja, sdangkan saya sudah lulus kuliah n sudah bkerja. Kadang saya takut dia tdak bisa mnafkahi saya setelah menikah dan dia blm mapan. Apa saya salah ustad jika takut seperti ini? N bagaimana saya harusnya bersikap ustad? Krna saya takut skali Allah ga ampuni saya dan murka shingga prnikahan kami tdk dridhoi Allah. Terima kasih ustad

📝 Ditanyakan oleh Saudari *S.O.* (+62 858-5322-ZZZZ) dari Kediri pada _18 Februari 2018_

_Jawaban_
Wa'alaikumussalam
🍅 Takut calon suami tidak bisa menafkahi itu wajar. Asalkan ketakutan tersebut diimbangi dengan semangat untuk membantu calon suami mendapatkan pekerjaan. Karena yang wajib bekerja itu suami.

🍇 Allah Maha Mengampuni Dosa Pacaran Sebagaimana Dosa Riba, Korupsi, Melanggar Sumpah, Durhaka Ke Orang Tua, Memberontak Dari Imam Yang Adil, Dll.

💎 Allah Maha Mengampuni. Allah kalau sudah mengampuni sebuah dosa, maka akan terhapus dari catatan amal kita dan tidak akan dihitung saat hisab hanya ditampakkan saja. Tapi biasanya efek samping dosa masih tersisa. Wajar, sebab sunnatullah tetap berjalan.

🚑 Begitu juga dosa pacaran biasanya masih dirasakan pasutri sampai beberapa tahun usia pernikahan. *Bukan memastikan, hanya biasanya*. Sudah ada mungkin lebih dari 20 orang yang mengeluhkan rumah tangganya yang penuh prahara, begitu saya tanya, “Dulunya pacaran?” jawabannya, “Ya”. Ya sudah, itulah memang akar masalahnya.

🌋 Dampaknya bisa berupa sulit rejeki, mudah punya momongan tapi nanti ketika besar nakal, atau sulit dapet momongan, susah dapet rumah kontrakan, repot ngadepi pasangan, mertua tidak ramah, dan banyak musibah lainnya. Itu biasanya. Soalnya banyak yang konsultasi ke saya seperti itu.

🕋 Allah At-Tawwab Al-Ghaffar Al-'Afuww Al-Ghafur. Meski Allah juga Al-Jabbar Al-Qahhar Al-'Aziz Al-Qawi Al-Matin… Maka, ayo perbanyak taubat kepada Allah.

📜 عَنْ أَنَسِ بنِ مَالِكٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ ، قَالَ : سَمِعْتُ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُوْلُ قَالَ اللهُ تَبَارَكَ وَ تَعَالَـى : يَا ابْنَ آدَمَ ، إنَّكَ مَا دَعَوْتَنِيْ وَرَجَوْتَنِيْ غَفَرْتُ لَكَ عَلَى مَا كَانَ فِيْكَ وَلَا أُبَالِيْ ، يَا ابْنَ آدَمَ لَوْ بَلَغَتْ ذُنُوبُكَ عَنَانَ السَّمَاءِ ، ثُمَّ اسْتَغفَرْتَنِيْ ، غَفَرْتُ لَكَ وَلَا أُبَالِيْ ، يَا ابْنَ آدَمَ إِنَّكَ لَوْ أَتَيْتَنِيْ بِقُرَابِ الْأَرْضِ خَطَايَا ، ثُمَّ لَقِيتَنيْ لَا تُشْرِكُ بِيْ شَيْئًا ، لَأَتَيْتُكَ بِقُرَابهَا مَغْفِرَةً.
📜 Dari Anas bin Mâlik Radhiyallahu anhu ia berkata, “Aku mendengar Rasûlullâh Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, _‘Allâh Azza wa Jalla berfirman, ‘Hai anak Adam! Sesungguhnya selama engkau berdo’a dan berharap hanya kepada-Ku, niscaya Aku mengampuni dosa-dosa yang telah engkau lakukan dan Aku tidak peduli. Wahai anak Adam ! Seandainya dosa-dosamu setinggi langit, kemudian engkau minta ampunan kepada-Ku, niscaya Aku mengampunimu dan Aku tidak peduli. Wahai anak Adam ! Jika engkau datang kepadaku dengan membawa dosa-dosa yang hampir memenuhi bumi kemudian engkau bertemu dengan-Ku dalam keadaan tidak mempersekutukan-Ku dengan sesuatu pun, niscaya Aku datang kepadamu dengan memberikan ampunan sepenuh bumi.”_ *[Jami’ At-Tirmidzi]*

🏡 Kalau sengaja pacaran dan berzina tapi komitmen menikah, Allah bakal mewujudkan pernikahan, karena komitmen nikah itu kebaikan, yang tidak baiknya adalah pacarannya. _Biasanya setelah nikah akan banyak musibah kecil atau besar sebagai hukuman atas kesengajaannya berpacaran walaupun percaya Allah Maha Penerima Taubat._

🎉 Eh, iya, saya diundang dong di acara walimah nikahnya dik S. O.… Hehehe…

🛋 Seandainya betul, nanti setelah menikah, berjalan beberapa bulan, bahkan sampai satu dua tahun masih banyak masalah baik secara zhahir maupun batin, saya sarankan untuk perbanyak istighfar.

📜 Dari Zaid bin Haritsah –pelayan Nabi- berkata, Aku mendengar Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam bersabda,
مَنْ قَالَ أَسْتَغْفِرُ اللَّهَ الَّذِي لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ الْحَيّ الْقَيُّوم وَأَتُوبُ إِلَيْهِ غُفِرَ لَهُ وَإِنْ كَانَ قَدْ فَرَّ مِنْ الزَّحْفِ
_“Siapa yang membaca Astaghfirullaah al-ladzi Laa Ilaaha Illaa Huwal Hayyul Qayyumu wa Atuubu Ilaihi maka akan diampuni dosanya walaupun ia pernah lari dari medan perang.”_ *[HR. Abu Dawud, At-Tirmidzi, Ath-Thabrani, Al-Hakim dan Ibnu Abi Syaibah]*

🚜 Dengan istighfar dan taubat, insyaallah berangsur-angsur masalah keluarga akan hilang satu persatu, kebahagiaan akan segera berkunjung ke rumah. Jadilah rumah tangga sakinah, mawaddah, rahmah wa barakah.

🚙 Tak lupa, suami-istri berlomba-lomba memperbanyak shalat sunnah, membaca Al-Qur`an, berdzikir, bershadaqah, menabung untuk haji dan umrah, dan lain sebagainya. Dengan itu, asal kita ikhlash karena Allah, kita akan meraih rumah tangga yang bahagia, rizqi melimpah, dan di Akhirat bahagia-sejahtera.

🍯 Allah Al-Mannan telah menjanjikan kebahagiaan bagi orang-orang beriman dan beramal shaleh,
مَنْ عَمِلَ صَالِحًا مِّن ذَكَرٍ أَوْ أُنثَىٰ وَهُوَ مُؤْمِنٌ فَلَنُحْيِيَنَّهُ حَيَاةً طَيِّبَةً ۖ وَلَنَجْزِيَنَّهُمْ أَجْرَهُم بِأَحْسَنِ مَا كَانُوا يَعْمَلُونَ [١٦:٩٧]
_“Barangsiapa yang mengerjakan amal saleh, baik laki-laki maupun perempuan dalam keadaan beriman, maka sesungguhnya akan Kami berikan kepadanya kehidupan yang baik dan sesungguhnya akan Kami beri balasan kepada mereka dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan.”_ *[QS. An-Nahl [16]: 97]*

📝 Disusun oleh
*H. BRILLY EL-RASHEED, S.PD.*
➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖
🖥 Follow Instagram *@PejuangShalatSunnah*

📻 Follow Channel Telegram *@manajemenqalbu*

🌏 Total donasi tahap 1 dan 2 *Rp 8.710.000,-* sudah disalurkan pada _22 Juli 2018_ untuk pembangunan *Mushalla Al-Istiqamah* dan operasional 🇧​🇨​🇶​🇺​🇫​🇮​. Jazakumullah khairan. Allah Asy-Syakur akan berikan ganti yang berlipat-lipat berupa harta, kesehatan, kebahagiaan, keamanan, kedudukan dan lain sebagainya.

🏘 Dibuka kembali kesempatan berdonasi untuk Mushalla Al-Istiqamah edisi #3. *Dibutuhkan dana hingga Rp 25.000.000,- untuk melunasi hutang biaya pengecoran dan akan segera dilakukan pengeramikan lantai.* Hingga 27 Agustus 2018 baru terkumpul Rp 2.190.000,-.
1⃣ Hj. Iis Lamongan Rp 90.000,-
2⃣ Sri Suharti Jakarta Rp 100.000,-
3⃣ Amalia Sidoarjo Rp 100.000,-
4⃣ H. Yulianto Lamongan upah tukang dan peralatan dan bahan2 sesuai kebutuhan
5⃣ Herliantini Surabaya Rp 1.100.000.-
6⃣ Ibunda dari Ibu Herliantini Rp 500.000,-
7⃣ Ummu Ja'far Brebes Rp 200.000,-
8⃣ Endah Mustikaningrum Gresik Rp 100.000,-
9⃣ *Anda berikutnya...*

⚠ Alhamdulillah sejak 5 Mei 2018, setiap broadcast 🇧​🇨​🇶​🇺​🇫​🇮​ diterima lebih dari 1⃣5⃣0⃣0⃣0⃣ orang. 📚 Alhamdulillah hingga 24 Juli 2018, sudah dipublish hampir 2⃣3⃣0⃣ broadcast, 5⃣ e-paper, dan 4⃣ e-flyer serta 2⃣ e-book.

📬 Layangkan pertanyaan seputar agama Islam via surel *ustadzjibril@gmail.com* dengan menyebutkan nama dan kota asal.

🎙 Daftarkan diri mendapatkan broadcast whatsapp QUANTUMFIQIH 🇧​🇨​🇶​🇺​🇫​🇮​ di *+62 857-3590-8108* dengan menyebutkan nama dan kota asal.

⚠ Jangan lupa simpan nomor ini dengan nama *BROADCAST QUANTUM FIQIH* agar bisa mendapatkan broadcast whatsapp dan tidak terlewat. Karena jika nomor ini tidak disave di daftar kontak di smartphone Anda, maka akan tidak bisa mendapatkan broadcast.

Related

Konsultasi 3585830589290204152

Posting Komentar

Sampaikan komentar Anda sebagai wujud terima kasih Anda dan sebagai bahan evaluasi kami.

emo-but-icon

Tafaqur

Tafaqur
Tebar Waqaf Al-Quran

Blogging Network

Hot in week

Total Tayangan Halaman

Promo SBY

Promo SBY

Kontributor

item