Discuss!

Wabah Virus Tha'un


Oleh Brilly El-Rasheed
Inspirator Golden Manners


Diriwayatkan dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah bersabda:
 الشُّهَدَاءُ خَمْسَةٌ : الْمَطْعُونُ وَالْمَبْطُونُ وَالْغَرِقُ وَصَاحِبُ الْهَدْمِ وَالشَّهِيدُ فِي سَبِيلِ اللَّهِ
"Orang yang mati syahid ada lima: orang yang (mati) karena penyakit tha`un, penyakit perut, tenggelam, tertimpa reruntuhan dan yang syahid di jalan Allah." (HR. Al-Bukhari (2829), Muslim (1914))
Ibnu at-Tîn berkata, "Semua ini adalah orang mati yang dalam kematiannya terdapat kesukaran, maka Allah mengutamakan umat Muhammad dengan menjadikannya sebagai pembersih dosa-dosa, dan penambah pahala mereka, dan dengannya mereka bisa mencapai pahala syahid." (Fathu`l-Bârî, VIII/438)
Thaun adalah penyakit yang mematikan dan menular dengan cepat sehingga apabila di sebuah tempat terjangkit wabah penyakit thaun memerintahkah mengisolasi tempat tersebut.
Berikut ini penjelasan para ulama yang dimuat oleh Imam Ibnu Hajar;
1. Menurut Al-Khalil : Tha’un adalah wabah penyakit yang menular.
2. Menurut Ibnu Atsir : Adalah wabah penyakit yang dapat mencemarkan udara, kemudain dapat merusak daya tahan/kekebalan dan tubuh manusia.
3. Menurut Qâdhi Iyâdh : Thaun pada asalnya adalah luka atau borok yanterdapat pada tubuh. Sedangkan Wabah adalah penyakit yang merata menimpa manusia. Wabah dinamakan thaun karena sama-sama dapat membinasakan.
4. Menurut Ibnu Abdil Barr : Thaun adalah borok atau bisul yang muncul pada ketiak atau kuli yang sensitif namun terkadang bisul itu keluar pada tangan dan pada jemari.
5. Menurut Al-Mutawalli menjelaskan : Thaun itu hampir sama dengan kusta atau lepra, orang yang terkena thaun seluruh anggota tubuhnya membusuk kemudian dagingnya berjatuhan.

6. Menurut Al-Ghazali : Memebengkaknya seluruh tubuh karena tersumbatnya aliran darah disertai dengan demam atau mengalirnya darah kepda kakiatau tangan kemudian membengkak dan memerah, terkadang bagian terkadang tubuh itu membusuk.
7. Menurut Al-Imam An-Nawawi : Thaun adalah Borok atau bengkak yang terasa sangat sakit, borok itu keluar dengan rasa panas yang membakar, yang menyebabkan menghitam daerah sekitarnya, atau membiru atau memerah. (Fathul Bari 16: 349)
Tha'un ini jika menimpa manusia maka secara perlahan-lahan mengalir sesuatu dari hidungnya sehingga ia mati secara tiba-tiba. Lihat an-Nihaayah fi Ghariibil Hadiits (IV/88) dan Fat-hul Baari (VI/278).
Abu al-Hasan al-Mada’ini berkata, “Penyakit-penyakit Tha’un yang masyhur dan paling besar dalam Islam ada lima: Tha’un Syirawaih di Madain pada masa Rasulullah[Shallallahu 'alaihi wasallam] pada tahun keenam hijrah. Kemudian Tha’un ‘Amwas pada masa Umar bin al-Khaththab[radiyallahu 'anhu], yang mewabah di Syam, yang menyebabkan 25 ribu orang mati di sana. Kemudian Tha’un pada zaman Ibnu az-Zubair pada bulan Syawwal tahun 69 yang menyebabkan kematian selama tiga hari, yang dalam setiap harinya 70 ribu orang mati. Pada saat itu 83 anak (dikatakan dalam riwayat yang lain, 73 anak) Anas bin Malik mati, dan 40 anak Abdurrahman bin Abi Bakrah mati. Kemudian Tha’un Fatayat pada Syawwal tahun 87. Kemudian Tha’un pada tahun 131 di bulan Rajab, dan semakin parah pada bulan Rama-dhan, dan terhitung di perkampungan al-Mirbad dalam setiap harinya terdapat seribu jenazah, kemudian mereda pada bulan Syawwal. Sementara Tha’un di Kufah terjadi pada tahun 50, di mana al-Mughirah bin Syu’bah meninggal.” Inilah akhir pernyataan al-Mada’ini.
Ibnu Qutaibah menyebutkan dalam kitabnya, al-Ma’arif dari al-Ashma’i tentang jumlah Tha’un yang mirip dengan hal ini, “Disebut dengan Tha’un Fatayat, karena mula-mula ia menyerang para gadis di Bashrah, Wasith, Syam dan Kufah. Disebut juga Tha’un al-Asyraf, karena menyebabkan kematian banyak orang mulia.” Ia melanjutkan, “Tha’un sama sekali tidak pernah berjangkit di Madinah dan Makkah.”

_____________________________________________________________________________
Referensi: Alsofwa.com serta Abuutsman.blogspot.com
Admin: Abu Yahya
Editor: Muhammad Maftuhin
Ingin beriklan Rp 50.000,-/bln di CAFEILMUBRILLY? Hubungi 082140888638!
_____________________________________________________________________________

Ingin menerbitkan majalah? QUFICORP. siap melayani Anda mulai dari konsep, penulisan naskah, editing, desain dan layout, cetak, serta promosi majalah. Hubungi 081515526665. QUFICORP. telah berpengalaman lebih dari 3 tahun dengan 8 klien tetap.








Related

Liye Style 8672095861004709615

Posting Komentar

Sampaikan komentar Anda sebagai wujud terima kasih Anda dan sebagai bahan evaluasi kami.

emo-but-icon

Arsip Blog

Tafaqur

Tafaqur
Tebar Waqaf Al-Quran

Blogging Network

Hot in week

Total Tayangan Halaman

Promo SBY

Promo SBY

Kontributor

item