Satu Untuk Semua
http://cafeilmubrilly.blogspot.com/2014/06/satu-untuk-semua.html
Tatkala peristiwa Fat-h Makkah, para sahabat merasakan
sangat berat dalam berpuasa. Karena itu Nabi Muhammad dan para sahabat berbuka.
Akan tetapi ada sebagian sahabat yang tetap memaksa puasa. Maka Nabi Muhammad
berkata, ”Mereka itu orang yang bermaksiat, mereka itu orang yang bermaksiat.”
[Shahih Muslim no. 1114]
Dari Abu Najih Al-‘Irbadh bin Sariyah (w. 75 H), dia
menceritakan, “Suatu hari Rasulullah pernah shalat bersama kami, usai shalat
beliau menghadap kepada kami, lalu beliau memberikan sebuah nasehat kepada kami
dengan nasehat yang membekas pada jiwa, yang membuat air mata berlinang dan
membuat qalbu menjadi gerimis. Salah seorang berkata, “Wahai Rasulullah nasehat
ini seakan-akan nasehat dari orang yang hendak berpisah, maka apa yang engkau
wasiatkan kepada kami?” Maka
Rasulullah berkata,
أوصيكم بتقوى الله و السمع و الطاعة و إن كان
عبدا حبشيا، فإنه من يعش منكم بعدي
يرى اختلافا كثيرا، فعليكم بسنتي و
سنة الخلفاء الراشدين
المهديين بعدي، عضوا عليها
بالنواجذ، و إياكم و محدثات الأمور، فإن كل محدثة بدعة و كل بدعة
ضلالة
“Aku
wasiatkan kepada kalian supaya tetap bertaqwa kepada Allah, tetaplah mendengar
dan taat, walaupun yang memimpin kalian adalah seorang budak dari Habasyah.
Sungguh, orang yang masih hidup di antara kalian sepeninggalku, dia akan
melihat banyak sekali perselisihan, maka wajib atas kalian berpegang dengan
sunnahku dan sunnah para Khulafa`ur Rasyidin yang mendapat petunjuk. Peganglah
erat-erat dan gigitlah ia dengan gigi geraham kalian. Dan jauhilah oleh kalian muhdats
(perkara baru yang diciptakan dalam agama Islam), karena sesungguhnya
setiap yang muhdats adalah bid’ah, dan setiap bid’ah adalah
kesesatan.” [Shahih:
Musnad Ahmad 4/126-127; Sunan Abu Dawud no. 4607; Sunan At-Tirmidzi no. 2676;
dan lainnya. Shahih Sunan Ibnu Majah no. 40; Shahih Sunan At-Tirmidzi no. 2157,
4607; Shahih Sunan Abi Dawud no. 3851; Silsilah Al-Ahadits Ash-Shahihah no.
937, 2735; Zhilal Al-Jannah no. 24-26; Irwa` Al-Ghalil no. 2455; Shahih
At-Targhib wa At-Tarhib no. 37; Takhrij Misykah Al-Mashabih no. 165; Takhrij Ahadits Musykilat Al-Faqr wa Kaifa 'Allajaha
Al-Islam no. 92; Ta'liq Kitab As-Sunnah li Ibn Abu 'Ashim 1/18-19]
Rasulullah berkata,
افترقت اليهود على إحدى و سبعين فرقة، فواحدة في الجنة و
سبعين في النار، و افترقت النصارى
على اثنين و سبعين فرقة فواحدة في الجنة و إحدى و سبعين في
النار، والذي نفسي بيده لتفترقن أمتي على ثلاث و
سبعين فرقة، فواحدة في الجنة، و ثنتين و
سبعين في النار، قيل : يا رسول الله من هم ؟ قال: هم الجماعة
“Umat Yahudi terpecah
belah menjadi tujuh puluh satu kelompok, umat Nashara terpecah belah menjadi
tujuh puluh dua kelompok, dan umat ini akan terpecah belah menjadi tujuh puluh
tiga kelompok, semua kelompok di neraka kecuali satu kelompok.” Para shahabat
bertanya, “Siapa kelompok itu wahai Rasulullah?” Rasulullah menjawab,
“Al-Jama’ah.” [Shahih: Sunan Ibnu Majah no. 3991-3993; Sunan Abu Dawud no.
4596, 4597; Musnad Ahmad no. 8046. Shahih Sunan Ibnu Majah no. 4063; Silsilah
Al-Ahadits Ash-Shahihah no. 203, 204, 1492; Shahih Al-Jami’ no. 1082, 1083,
2042, 2641, 5343; Shahih At-Targhib wa At-Tarhib no. 49; Zhilal Al-Jannah no.
63-71]
Jika
seseorang tidak mau berpegang dengan apa yang telah beliau ajarkan, maka
peluang tersesat terbuka sangat lebar dan dia akan terhalang dari minum air
telaga Nabi. Dari Abu Hurairah, Rasulullah
berkata,
إني قد تركت فيكم شيئين لن تضلوا بعدهما كتاب الله وسنتي ولن يتفرقا حتى يردا علي
الحوض
“Sesungguhnya aku telah
meninggalkan untuk kalian dua perkara, kalian tidak akan tersesat setelah
keduanya: Kitabullah dan Sunnahku. Dan keduanya tidak akan berpisah hingga keduanya
mendatangiku di atas telaga”. [Shahih: Al-Mustadrak Al-Hakim 1/172.
Shahih Al-Jami’ no. 2937; Tahqiq Misykah Al-Mashabih no. 186; Silsilah
Al-Ahadits Ash-Shahihah no. 1761]
Makna,
”Dan keduanya tidak akan berpisah hingga keduanya mendatangiku di atas telaga,”
artinya, Al-Qur`an dan Sunnah Nabi tidak boleh dipisahkan dalam pengamalannya
sebab jika dipisahkan akan membuat pelakunya terhalang dari mendatangi telaga
Rasulullah.
Sampaikan komentar Anda sebagai wujud terima kasih Anda dan sebagai bahan evaluasi kami.