Discuss!

12 Kiat untuk Fokus


Ada 12 kiat yang bisa membantu Anda untuk fokus, karena fokus adalah karakter orang sukses. Apa saja 12 kiat tersebut. Berikut rinciannya.
1.    Kiat paling penting untuk bisa fokus adalah memohon pertolongan kepada Allah dan tawakkal (menyerahkan urusan) secara total kepada-Nya, menjalankan tugas dan pekerjaan dengan keyakinan kuat bahwa Allah akan menolongnya. Jiwanya dipenuhi harapan akan adanya taufik dan pertolongan Allah. Ingatlah bahwa hal ini merupakan bagian yang tak terpisahkan dari penyembahan yang benar kepada Allah.
2.    Ketika hendak melakukan tugas dan memulai pekerjaan, biasakanlah diri anda untuk menentukan kapan mulai dan kapan selesainya.
3.    Renungkanlah selalu manfaat yang anda peroleh jika anda menyelesai-kan pekerjaan dan tugas anda. Jangan pikirkan hambatan dan kesulitan yang anda hadapi. Teruslah berpikir positif dan optimis untuk bisa memenangkan kemaslahatan masa depan. Jangan ada sesuatupun yang memalingkan anda.
4.    Ketika anda menghadapi sebagian tugas rutin yang membo-sankan dan tidak anda sukai, cobalah metode baru dalam melaksanakan tugas tersebut. Mungkin kreatifitas dan inovasi anda bisa menjadi jalan keluar. Anda akhirnya bisa fokus dan menikmati pekerjaan-pekerjaan rutin.
5.    Jangan berhenti saat anda memulai pekerjaan yang memerlukan konsentrasi dan fokus penuh. Kembangkan- lah metode-metode yang membantu anda dalam masalah ini, baik di rumah atau di tempat kerja anda.
6.    Belajarlah keahlian fokus. Keahlian fokus adalah sama dengan keahlian-keahlian intelektual lain. Biasakanlah diri anda dengan keahlian ini. Berusahalah selalu untuk menemukan metode-metode  yang membuat anda lebih fokus dan konsentrasi dalam hidup anda.
7.    Jangan menyibukkan diri anda dengan urusan yang banyak dan perhatian yang bercabang. Ini jelas kontraproduktif.
8.    Belajarlah untuk sabar dan tenang. Jadilah orang yang punya niat kuat dan keinginan besar, tapi jangan sampai membebani diri anda lebih dari kemampuan anda sendiri.
9.    Jangan mencari dorongan, motivasi dan arahan yang dijejalkan orang lain kepada anda. Ini bukan berarti tidak penting atau harus ditinggalkan sama sekali. Dalam beberapa kasus, anda mungkin perlu bantuan, arahan dan ide orang lain. Tetapi, motivasi dan dorongan untuk bersi-kap itu harus muncul dari dalam dirimu sendiri.
10.     Perjelaslah pandangan anda. Yakinlah bahwa tujuan-tujuan dan pilihan-pilihan yang akan anda realisasikan begitu jelas, prioritas-prioritas yang anda tentukan betul-betul melalui kajian mendalam. Ketika anda melakukan ini, akan membantu anda untuk fokus dan menjalankan tugas hingga selesai secara sempurna.
11.     Pilihlah waktu yang tepat untuk bisa fokus dan konsentrasi. Jangan paksa diri anda bekerja, sementara anda merasa letih, lelah atau anda melewati kondisi kejiwaan yang sulit, misalnya takut, galau atau kesan-kesan jiwa yang kuat atau anda sedang sakit. Untuk bisa fokus memerlukan tubuh yang sehat dan bugar, akal yang jernih dan jiwa yang stabil.
12.     Bersikaplah positif dalam memandang diri anda sendiri, juga dalam memandang orang lain. Usahakan semaksimal mungkin jangan membawa perasaan negatif yang tak beralasan. Sebab perasaan negatif bisa kontraproduktif terhadap fokus anda, juga terhadap pemahaman anda kepada orang lain.

Inilah secara umum kiat-kiat terpenting yang membantu untuk bisa fokus. Mungkin anda memikirkan atau menemukan kiat-kiat lain. Pikirkanlah dari berbagai kiat di atas, lalu pilihlah tiga saja yang sesuai dengan kondisi anda. Ketika sudah anda pilih yang sesuai, usahakan sepanjang satu minggu ke depan, mulai hari ini, anda mencoba mempraktikkan tiga kiat tersebut, sehingga bisa memper-baiki kemampuan anda untuk bisa fokus dan konsentrasi.


Diambil dari buku 10 Kebiasaan Pribadi Mukmin yang Sukses, PT EFMS, Surabaya, Jawa Timur. Dukung dakwah kami melalui komentar, doa, memasang iklan dan infaq sukarela untuk operasional. 

Admin: Abu Yahya.



Related

Quantum 2683243336917255659

Posting Komentar

Sampaikan komentar Anda sebagai wujud terima kasih Anda dan sebagai bahan evaluasi kami.

emo-but-icon

Arsip Blog

Tafaqur

Tafaqur
Tebar Waqaf Al-Quran

Blogging Network

Hot in week

Total Tayangan Halaman

Promo SBY

Promo SBY

Kontributor

item