Discuss!

Donor Darah, Medis dan Fiqih


5 Manfaat Donor Darah yang Menyehatkan
Lifestyle » Healthy Life
Jumat, 19 Sep 2014 - 11.12 WIB

Centroone.com - Semua orang pasti tahu manfaat donor darah bagi mereka yang membutuhkan.
Tapi belum banyak yang tahu kalau kegiatan ini juga banyak nilai plusnya, terutama bagi para pendonornya. Banyak untungnya!
Di Indonesia, jumlah kebutuhan darah per tahun mencapai 4,8 juta kantong yang baru bisa dipenuhi kurang dari 80%. Padahal, kalau saja banyak orang yang tahu manfaat mendonorkan darah, pasti akan ada lebih banyak lagi jumlah pendonor sehingga kebutuhan akan cadangan darah bisa tercukupi dalam waktu singkat. Apa saja nilai plus dari mendonorkan darah?
1. Tes kesehatan gratis
Untuk memelihara kualitas cadangan darah, setiap pendonor wajib melakukan tes kesehatan tanpa pungutan biaya. Informasi kesehatan yang bisa Anda ketahui secara langsung adalah angka tekanan darah, kadar hemoglobin, serta angka kolesterol. Setelah darah disumbangkan, PMI akan melakukan serangkaian tes lanjutan untuk memastikan darah Anda tidak tercemar penyakit menular - termasuk HIV, Sifilis, dan Hepatitis. Petugas akan mengabari Anda jika ditemukan sesuatu yang mencurigakan pada hasil tes.
2. Pangkas risiko sakit jantung dan stroke
Setiap kali menyumbang darah, maka kadar zat besi di dalam tubuh kita akan ikut berkurang. Menurut sebuah studi yang diterbitkan dalam American Journal of Epidemiology, penurunan kadar zat besi ini juga mengakibatkan kekentalan darah menurun. Dengan demikian, risiko terjadinya sumbatan pada pembuluh darah akibat pengentalan darah serta penumpukan kolesterol bisa diminimalisir.
3. Dukung program diet
Dalam sekali sesi donor darah, tubuh Anda bisa kehilangan kalori sebanyak 650kkal. Jumlah ini kira-kira setara dengan kalori yang dibakar jika Anda melakukan lari cross country selama 1 jam.
4. Turunkan risiko kanker
Berdasarkan hasil penelitian yang diterbitkan dalam Journal of The National Cancer Institute, penurunan kadar zat besi di dalam darah bisa memangkas pula risiko serangan kanker pada diri seseorang. Menurut peneliti, kadar zat besi yang tinggi berhubungan erat dengan peningkatan kerusakan sel-sel tubuh akibat radikal bebas.
5. Kepuasan batin
Dengan menyadari bahwa Anda telah melakukan sesuatu yang mampu membantu menyelamatkan jiwa orang lain akan mendatangkan kepuasan batin dan kebahagiaan yang tak ternilai harganya. (Chic)

Catatan Quantum Fiqih
dr. Raehanul Bahraen Dosen Fakultas kedokteran Universitas Mataram menyatakan donor darah termasuk amalan yang mulia, Yaitu termasuk memelihara kehidupan manusia bahkan seolah-olah seluruhnya.
Mengenai ayat,
وَمَنْ أَحْيَاهَا فَكَأَنَّمَا أَحْيَا النَّاسَ جَمِيعًا
“Dan barangsiapa yang memelihara kehidupan seorang manusia maka seolah-olah dia telah memelihara kehidupan manusia semuanya” [QS al Maidah:32]
Dokter yang juga ustadz ini menambahkan, ketika Syaikh Ibnu Jibrin rahimahullah ditanya apakah donor darah termasuk dalam ayat diatas, beliau menjawab,
ولعله يدخل في الآية الكريمة، إذا كان الشفاء يتوقف على هذا التبرع بإذن الله تعالى
“Boleh jadi donor darah termasuk dalam ayat yang mulia tersebut. Jika kesembuhan tergantung/terwujud dengan donor darah tersebut-jika Allah mengizinkannya-.” [Sumber: ibn-jebreen.com/?t=books&cat=6&book=50&toc=2313&page=2145&subid=]
Semoga dengan membantu sesama saudara kita, maka Allah akan senantiasa membantu kita di saat-saat sulit baik dunia maupun akhirat.
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda
والله في عون العبد، ما كان العبد في عون أخيه.حديث صحيح رواه مسلم
Allah itu akan menolong hamba-Nya selama hamba itu menolong saudaranya.” [HR. Muslim]
Dan beliau bersabda,
من نفس عن مؤمن كربة من كرب الدنيا نفس الله عنه كربة من كرب الآخرة
 ”Barangsiapa yang melapangkan kesulitan seorang mukmin dari kesulitan-kesulitan dunia, Allah akan melapangkan kesulitannya dari kesulitan-kesulitan akhirat.” [HR. Muslim]
dr. Raehanul Bahraen juga mengutip ketetapan dari Hai’ah kibar ulama (Terdiri dari kumpulan ulama senior yang mumpuni) mengenai hal ini, demi menepis keraguan sebagian orang untuk melakukan donor darah.
وبعد دراسة الموضوع ومناقشته وتداول الرأي فيه، قرر المجلس بالأكثرية ما يلي: أولا: يجوز أن يتبرع الإنسان من دمه بما لا يضره عند الحاجة إلى ذلك؛ لإسعاف من يحتاجه من المرضى. ثانيا: يجوز إنشاء بنك إسلامي لقبول ما يتبرع به الناس من دمائهم وحفظ ذلك لإسعاف من يحتاج إليه من المسلمين، على أن لا يأخذ البنك مقابلا ماليا عن المرضى أو أولياء أمورهم عوضا عما يسعفهم به من الدماء، وألا يتخذ ذلك وسيلة تجارية للكسب؛ لما في ذلك من المصلحة العامة للمسلمين.
Setelah mempelajari masalah ini dengan berdiskusi dan bertukar pikiran (dengan ahlinya). Mayoritas majelis menetapkan: Manusia boleh mendonorkan darahnya selama tidak membahayakan dan ada kebutuhan untuk menyelamatkan orang sakit yang membutuhkan. Boleh mendirikan bank darah, menerima donor darah dari manusia untuk diberikan kepada kaum muslimin yang membutuhkan. Bank Darah tidak boleh mengambil kompensasi berupa uang (menjual darah) kepada orang sakit atau wali mereka untuk mendapat keuntungan. Karena hal ini untuk kemashalahatan kaum muslimin secara umum. [Ketetapan Hai’ah kibar ulama  no. 65, 7/2/1399 H]
dr. Raehanul Bahraen juga menyebutkan manfaat medis donor darah, terutama jika dilakukan secara rutin, manfaatnya misalnya menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah, serta me-refresh darah lama dengan darah yang baru. Zat besi yang terlalu banyak bisa memicu oksidasi kolesterol yang ini merupakan potensiterjadinya stroke dan serangan jantung. Manfaat lain donor darah adalah sebagai diet menurunkan berat badan secara alami. Diberitakan sekitar 7 %, karena terjadi pembakaran kalori saat donor darah.
Adapun manfaat lainnya cukup banyak, misalnya
  1. Membantu membakar kalori
  2. Deteksi dini resiko kesehatan
  3. Meningkatkan kapasitas paru-paru dan ginjal
  4. Meningkatkan kesehatan psikologis
  5. Membantu sirkulasi darah
  6. Memaksimalkan darah dalam paru-paru
  7. Menurunkan zat seng dalam darah
  8. Memperbaharui sel darah baru
  9. Mencegah resiko kesehatan
  10. Mencegah penyakit langka
  11. Menghilangkan kaku di pundak
  12. Mengetahui lebih lanjut tentang tipe darah individu.
http://muslimafiyah.com/jangan-ragu-donorkan-darah-anda-medis-dan-syariat.html

Sebagai perbandingan, pembaca dapat menyimak link-link rekomendasi kami berikut ini.
Mengingat, donor darah terkait dengan memasukkan darah ke dalam tubuh mirip dengan meminum atau memakan darah. Donor darah terkait pula dengan masalah najis dan masalah keturunan. Lebih riskan lagi jika ternyata darah yang kita dapatkan (misalkan ada pendonor dan kita butuh tambahan darah) ternyata dari orang kafir.
Jadi pembaca perlu menyimak baik-baik apa yang tersaji dalam situs-situs yang kami sebutkan. Di samping itu, apa yang kami paparkan bukan keputusan final yang tidak bisa diganggu gugat, melainkan terbuka untuk didiskusikan lebih lanjut.


---------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Artikel: Cafeilmubrilly.blogspot.com
Redaksi: Brilly El-Rashed
Admin: Muhammad Ali Akbar
Referensi: Centroone.com, Muslimafiyah.com, dll.
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------




Related

Health 2339585960407057040

Posting Komentar

Sampaikan komentar Anda sebagai wujud terima kasih Anda dan sebagai bahan evaluasi kami.

emo-but-icon

Arsip Blog

Tafaqur

Tafaqur
Tebar Waqaf Al-Quran

Blogging Network

Hot in week

Total Tayangan Halaman

Promo SBY

Promo SBY

Kontributor

item